GERAKAN  Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menjadi pemenang dalam kontes  World Summit on the Information Society  (WSIS)  Prizes 2020. GNLD Siberkreasi dinobatkan sebagai Winner dari Action Lines WSIS C4 Capacity Bulding yang terkait dengan pemenuhan tujuan SDGs Goal 4: Quality Education.  

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memberikan rasa bangga atas pencapaian GNLD Siberkreasi.

“Saya berharap penghargaan tersebut dapat menginspirasi banyak pihak untuk semakin giat dalam melakukan kegiatan literasi digital dan mempersempit  digital divide , ” ungkapnya di Jakarta, Senin (07/09/2020).

Menurut Menteri Johnny, Presiden Joko Widodo juga sudah menyatakan perlunya meningkatkan literasi digital masyarakat. Dalam menyongsong era revolusi industri 4. 0.

“Diperlukan sumber daya manusia yang tidak hanya berpunya mengoperasikan gawai, namun juga memiliki kemampuan kognitif yang memadai. Jadi, selain bisa menggunakan teknologi dengan produktif, juga tidak mudah terbabit hoaks, ” tuturnya.  

Bahkan, patuh Menkominfo, ketika pemerintah tengah menggenjot pembangunan infrastruktur telekomunikasi guna meningkatan rasio internetifikasi bagi 260 juta penduduk Indonesia, upaya mempersiapkan kepandaian para pengguna internet perlu dikerjakan secara simultan.  

“Maka, inisiatif literasi digital oleh GNLD Siberkreasi sangatlah relevan saat ini dan menetapkan direplikasi agar dapat menjangkau sebesar mungkin penerima manfaat, ” jelasnya.  

Menteri Johnny menyatakan penghargaan tersebut didedikasikan untuk seluruh rakyat Nusantara serta mitra dan jejaring daripada Siberkreasi.  

“Semua ini hasil kegiatan keras dan kolaborasi dari segenap pihak yang terlibat, baik pengelola maupun partisipan kegiatan. Sekali sedang saya sangat berterimakasih atas dukungan dan kolaborasinya, mari bersama-sama bergandeng tangan untuk memajukan Indonesia! ” ajaknya.

Forum WSIS merupakan platform lintas pemangku kepentingan di bidang TIK yang bernaung di bawah PBB. Setiap tahunnya, riburan pegiat TIK dari berbagai latar belakang serta asal negara berkumpul di markas besar  International Telecommunication Union   (ITU), Jenewa.

Kontes WSIS Prize ditujukan untuk memilih beraneka macam inisiatif pemerintah, masyarakat dan institusi yang sukses memanfaatkan TIK untuk pembangunan berkelanjutan.

Dalam kontes WSIS Prizes tahun 2018 lalu, GNLD Siberkreasi mendapat penghargaan sebagai “ Champion ” atau  runner-up . Ada 18 penghargaan pemenang utama atau “ Winner ” dan 72 penghargaan favorit atau “ Champion ” diberikan di program terpilih yang berasal dibanding seluruh dunia.  

Penyelenggaraan WSIS 2020 saat ini berlangsung secara virtual karena pandemi Covid-19.     Selain GNLD Siberkreasi, tahun ini, Talkshow Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Suara Madiun yang digagas Relawan TIK mendapatkan penghargaan sebagai Champion untuk WSIS  Action Line Category 9 Media.

Kolaborasi buat Inovasi Literasi Digital

Ketua Ijmal GNLD Siberkreasi Yosi Mokalu membuktikan meski pandemi Covid-19 masih menerjang dunia, sejumlah prinsip dan gagasan nyata Indonesia kembali mendapat komentar di kancah internasional.    

Patuh Yosi, keberhasilan GNLD Siberkreasi tersebut melalui proses panjang yang dimulai dari pemungutan suara yang dibuka untuk umum dan dilanjutkan dengan penilaian internal dari Dewan Penilai ITU.  

“Kami harap, kemenangan GNLD Siberkreasi ini dapat menginspirasi kegiatan akar rumput lain untuk langsung semangat dalam menyebarkan literasi digital, tidak hanya yang berada di Indonesia namun juga dunia. Mari terus berkomitmen mewujudkan dunia dengan lebih baik, ” ujarnya.

Kegiatan literasi digital yang dilakukan oleh GNLD Siberkreasi berhasil menumbuhkan minat asosiasi Indonesia untuk menjadi  content creators.    

“Sebagai gerakan literasi digital skala nasional awak akan semakin berinovasi untuk meningkatkan literasi digital bagi masyarakat Nusantara untuk mendukung penggunaan internet secara aman, terpercaya, dan optimal, ” tutur Yosi.  

Selama 2 tahun terakhir, lebih dari 700  content creators  di segenap Indonesia berhasil terinspirasi oleh GNLD Siberkreasi. Pada tahun 2018 GNLD Siberkreasi juga diganjar  Brand Endorsement of the Year 2018   oleh Markplus jadi buah kerja keras bersama relawan.  

Didirikan pada Oktober 2017, GNLD Siberkreasi menjadi wadah bagi 108 mitra institusi pemangku kepentingan bineka baik dari korporasi/swasta, pemerintah, sistem masyarakat sipil, komunitas, operator telekomunikasi,   platform   digital, media, akademisi, hingga pegiat literasi digital.  

Kepengurusan dikelola sebab relawan perwakilan mitra yang dipilih secara demokratis, bergantian dan beramai-ramai, guna mendedikasikan waktu, tenaga dan pikirannya untuk menjamin kegiatan GNLD Sibekreasi memiliki kebermanfaatan bagi umum.  

Sejak tahun 2017 hingga kini GNLD Siberkreasi telah melakukan kesibukan edukasi literasi digital di 462 lokasi, pelatihan 3137 relawan literasi digital, dengan lebih dari 200. 000 peserta aktif.

Hasil produksi beraneka macam materi literasi digital yang telah diunduh lebih dari 180. 000 kali, serta menjangkau setidaknya 75 Juta penduduk Indonesia melalui kesibukan literasi digital baik secara  online  maupun  offline . (OL-09)