Dapatkan promo member baru Pengeluaran SGP 2020 – 2021.

KOMISIONER Komisi Penetapan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Ahmad Amran Nur, mengaku akan menyediakan alat sangga berupa ‘template’ dengan huruf braille bagi pemilih penyandang tuna netra di Pilkada Mamuju.

Pihaknya memastikan bakal memberikan pelayanan yang maksimal untuk penyandang disabilitas saat pencoblosan pada Pilkada Mamuju. Ia mengatakan, KPU Mamuju akan menyediakan ‘template’ kendaraan bantu coblos surat suara untuk daftar pemilih tetap (DPT) dengan tuna netra.

“Pemilih tuna netra dipersilakan mengajukan pendamping dan diharapkan daripada pihak keluarga, dan tidak dapat diwakilkan, pendamping juga hanya mengiringi saja, yang nyoblos tetap yang bersangkutan, ” kata Ahmad.

Menyuarakan juga:   KPU Fasilitasi Pendamping Bagi Pemilih Disabilitas

Menurut dia, KPU Kabupaten Mamuju telah menodong kepada penyelenggara di tingkat ikatan panitia pemungutan suara (KPPS) untuk memberlakukan setiap pemilih secara selaras termasuk kepada kalangan difabel.

Amran mengucapkan, KPU Mamuju berkomitmen bakal pasti memfasilitasi para pemilih difabel, buat dapat menyalurkan hak politiknya di 9 Desember 2020.

“Begitu pun untuk pemilih yang membutuhkan kursi jentera, itu juga akan disiapkan, KPU Mamuju fasilitasi, intinya pemilih difabel silahkan ke TPS, karena akan diberikan kemudahan, ” tuturnya.

Ia mengutarakan, pelaksanaan simulasi pemungutan dan pem suara serta penggunaan Sirekap pada tingkat TPS Pilkada 2020 sudah dilaksanakan KPU Mamuju untuk menyukseskan Pilkada Mamuju. (Ant/OL-5)