KAPOLRES Manggarai Barat AKB Bambang Keadaan Wibowo mendukung upaya menjadikan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, sebagai destinasi wisata istimewa premium yang ditetapkan Presiden Joko Widodo sejak 2 Agustus 2016 lalu.

Kala itu, Presiden menyebut negeri Labuan Bajo memliki kekayaan kawasan yang luar biasa dan kudu didukung dengan sistem teknologi, agar hasilnya maksimal.

“Gagasan ini sudah dieksekusi secara bertahap dengan dibuatnya Electronic Securing Integrated System (ESIS). ESIS adalah strategi pengembangan destinasi wisata dengan mensinergikan kekuatan pemerintah serta kekuatan sektor swasta, berbasis teknologi informasi, ” katanya, Kamis (27/8).

Taat Bambang, Labuan Bajo adalah destinasi wisata kedua terpopuler di Indonesia setelah Bali. Tahun 2019 berserakan, ada 184. 208 wisatawan beristirahat ke Labuan Bajo.

“Alam di Labuan Bajo semuanya natural dan bersahaja. Keindahan bertabur di seluruh pulau, semua pantai, hingga di kedalaman lautan. Maka seluruh lini  tata Labuan Bajo akan dilakukan dengan cara-cara yang juga super premi, ” ujarnya.

Bambang mengungkapkan, wisatawan dengan hendak menikmati Labuan Bajo bisa membuka laman  https://booking.labuanbajoflores.id. Seluruh berita yang dibutuhkan, tersedia di laman tersebut. Wisatawan bisa leluasa merancangkan liburan di Labuan Bajo. Pendekatan secara online itu dilakukan, buat merespon gaya hidup digital para wisatawan, yang membutuhkan kecepatan informasi untuk liburan yang berkualitas.

“Wisatawan bisa memilih jenis akomodasi yang pantas dengan yang mereka inginkan. Ada banyak pilihan destinasi super premi yang sangat patut untuk dikunjungi di Labuan Bajo. Wisatawan leluasa memilih sesuai dengan lamanya masa yang mereka alokasikan untuk berwisata serta rentang bujet yang hendak mereka gunakan, ” katanya.

Model berpelesir secara smart tourism ini berangkat diterapkan sejak 15 Juni 2020 lalu. ” Berwisata secara terencana semacam itu adalah layanan premium wisata yang pertama di Indonesia, ” katanya.

Bambang juga mengatakan pihaknya selalu siap mengamankan wisatawan dan menjamin keamanan berinvestasi di Labuan Bajo. “Investor tidak usah ragu untuk berinvestasi di Manggarai Barat, ” katanya.

Bambang optimistis Labuan Bajo mau terus tumbuh dan jumlah wisatawan akan terus bertambah. Ia mengapresiasi para pemangku kepentingan di Manggarai Barat yang mendukung gagasan serta eksekusi ESIS tersebut. “Semua bersinergi dan saling mendukung untuk mengutarakan Manggarai Barat, ” tutupnya.