Dapatkan promo member baru Pengeluaran SGP 2020 – 2021.

SEPULUH pemimpin Anugerah Karya Cipta Dokter Indonesia (AKCDI) 2020 diumumkan. Ajang penghargaan ini digagas Lembaga Riset Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan didukung perusahaan farmasi PT Kalbe Farma Tbk.

Di masa pandemi covid19, Kepala IDI Daeng M Faqih mengutarakan, AKCDI bertujuan membudayakan para sinse untuk terus meneliti dan mengembangkan ilmu pengetahuannya sebagai bagian sejak peningkatan kualitas dokter yang membenang khususnya di era pandemi covid-19.

“AKCDI tahun ini merupakan yang ke-2 kali diselenggarakan, ” kata Daeng saat penyerahan penghargaan di Jakarta, Sabtu (12/12).

Direktur Pharma PT Kalbe Farma Tbk Mulia Lie membuktikan lewat ajang ini pihaknya memeriksa komitmen perusahaan untuk mendukung dan berkontribusi terhadap dunia penelitian di Indonesia, khususnya penelitian di bidang kesehatan.

“Melalui kerja sama dengan IDI dalam penyelenggaraan AKCDI, kami ingin memberi apresiasi kepada para sinse yang telah  mendedikasikan dirinya untuk kemajuan penelitian di Indonesia, ” sebut Mulia Lie.

Menurut Ketua Umum Anugerah Karya Cipta Dokter Nusantara Marhaen Hardjo, AKCDI 2020 diselenggarakan bersamaan dengan perayaan
Hari Bakti Dokter Indonesia 2020 di Jakarta.

Penelitian yang dinilai ialah hasil riset dalam 2 tahun terakhir dan berdampak positif di bagian kesehatan atau teknologi kesehatan.

Tiga sejak 10 pemenang AKCDI 2020, kurun lain ada dokter Andri Maruli Tua Lubis, dengan judul penelitian Efektivitas Injeksi IntraArtikular Sekrotom Sel Punca Mesenkimal Hubungan Pusat terhadap Perbaikan Defek Kartilago: Penelitian pada Domba .

Lalu, dokter Arif Rahman Nurdianto, dengan titel penelitian Effect of Hyperbaric Oxygen Therapy on ICAM-1-expression in Artery Spiralis of Pregnant Rattus Norvegicus Infected by Tachyzoite from Toxoplasma Gondii .

Kemudian, dokter Trifena, dengan judul penelitian Metformin Gel Memperbaiki Rehabilitasi Luka melalui Penurunan Kadar MDA, Peningkatan Jumlah Fibroblas, Ekspresi VEGF dan mRNA TGF Beta-1 dalam Kulit Tikus Wistar Jantan yang Mengalami Penuaan Dini . (Ata/H-2)