Info seputar HK Hari Ini 2020 – 2021.

PT Bank Danamon Indonesia Tbk melalui Unit Jalan Syariah (UUS) meluncurkan layanan wakaf uang, usai formal ditunjuk oleh Kementerian Keyakinan Republik Indonesia sebagai salah satu Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS-PWU).

Eksekutif Danamon Syariah, Herry Hykmanto mengatakan layanan ini ialah wujud komitmen bank membangun menyejahterakan masyarakat luas serta memberikan solusi bagi keinginan nasabah untuk berwakaf, dengan saat ini menjadi satu diantara kegiatan utama perbankan syariah.

“Kami harap para nasabah milenial dan zilenial Bank Danamon juga turut memperoleh kemudahan untuk berwakaf uang dan berkontribusi dalam membangun perekonomian yang terdampak pandemi, ” kata Herry, pada konferensi pers virtual, Jumat (5/3).

Wakaf atau menganjurkan kepemilikan harta agar dipergunakan untuk kepentingan umat, ialah salah satu kegiatan muamalah yang memiliki dimensi spiritual, sosial, dan ekonomi.

Dengan menjadi penyedia layananan petunjuk wakaf uang, Danamon Syariah turut berkontribusi mendukung pembangunan ekonomi masyarakat, yang dimulai dengan mengawal pemulihan ekonomi pasca pandemi dan dilanjutkan dengan peningkatkan literasi dan kesadaran masyarakat untuk berwakaf.

Direktur Eksekutif Komite Nasional dan Keuangan Syariah, Ventje Rahardjo mengatakan meski anyar ditetapkan sebagai LKS PWU, Danamon Syariah sudah terkebat dalam mengembangkan layanan buatan dan mengawal program literasi wakaf uang di Nusantara.

“Sebagai bentuk excellent service korporasi, pengelolaan wakaf kekayaan harus dikelola secara terang, profesional dan akuntabel. Kelompok harus diberikan kemudahan & pelayanan prima dalam berwakaf uang, ” kata Ventje.

Saat ini generasi milenial sangat besar peranannya untuk mengembangkan perwakafan dalam Indonesia. Dalam sejarah jalan Islam, fondasi peradaban dibangun oleh anak-anak muda yang terus ingin melakukan modifikasi.

Badan Wakaf Indonesia (BWI) melihat anak-anak muda adalah investasi masa depan ekonomi syariah dan filantropi Islam seperti wakaf di Indonesia.

Untuk itu BWI gencar melakukan gerakan literasi dan sosialisasi di kalangan bujang muda, terlebih di negeri kampus.

Langkah ini penting, untuk menyiapkan generasi dengan inklusif terhadap perkembangan periode dan teknologi dengan dasar literasi perwakafan yang elok.

Potensi penghimpunan wakaf kekayaan masih sangat besar serta peluncuran platform SocialBanking Bank Danamon Syariah akan memberikan kemudahan, tidak saja untuk masyarakat dalam menunaikan derma namun bagi nazhir di mengelola wakaf uang.

“Untuk membantu literasi dan sosialisasi Wakaf, sudah saatnya melangsungkan migrasi transformasi digital system untuk perkembangan perwakafan nasional guna meningkatnya kepercayaan kelompok dan akuntabilitas Nazhir”, sekapur Ketua Divisi Pemberdayaan Nazhir dan Pengelolaan Badan Pemangku Badan Wakaf Indonesia, Hendri Tanjung.

Selama ini, bangsa cenderung menyalurkan wakaf melalaikan aset tidak bergerak (wakaf sosial) seperti pembangunan tempat ibadah (masjid, langgar, mushola), dan makam.  

Konsumen yang ingin berwakaf uang kini menjadi lebih gampang melalui aplikasi digital & kantor cabang Bank Danamon. Memanfaatkan kemajuan infrastruktur digital Bank Danamon bermitra secara PT Minasa Finteknologi Syariah, berwakaf kini bisa sebab telepon genggam kapan saja dan di mana saja.

Nasabah tidak perlu hadir ke Lembaga Pengelola Wakaf atau yang disebut Nazhir, serta dana dikelola secara transparan dan profesional.

Menggunakan aplikasi digital, pewakaf dapat memilih Nazhir, memilih penerima wakaf, memantau perkembangan pembangunan objek penerima wakaf. Siapapun dapat berwakaf termasuk tingkatan muda milenial dan mampu dimulai dengan biaya terjangkau, mulai dari Rp 10 ribu. (Try/OL-09)