Info seputar HK Hari Ini 2020 – 2021.

POLRES Cimahi dibantu Jawatan Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat memberlakukan rekayasa lalu lintas menuju Cianjur maupun sebaliknya di kira-kira GT Padalarang. Hal itu dilakukan terkait proyek Flyover Simpang Tol Padalarang-Kota Terakhir Parahyangan.

Kasatlantas Polres Cimahi, Ajun Komisaris Sudirianto melahirkan, rekayasa arus lalu lintas tersebut bakal dilaksanakan selama sekitar delapan bulan tenggat proyek tersebut selesai. “Untuk mencegah kemacetan, kita telah menyiapkan rekayasa lalu lin di sekitar proyek, ” kata Sudirianto, Rabu (3/3).

Dia menjelaskan, kendaraan daripada arah Tol Padalarang mau diarahkan melalui Kota Gres Parahyangan. Sedangkan kendaraan sejak arah barat atau Cianjur menuju Padalarang dan Bandung akan dibelokkan ke pokok Pasar Padalarang melalui Pekerjaan Cihaliwung.

Pihaknya memprediksi, rekayasa ini akan menimbulkan buah lalu lintas terutama kira-kira simpang pasar. “Kami prediksi ada pergeseran titik kemacetan, terutama di simpang rekan Padalarang. Rekayasa lalu lintas akan diberlakukan selama delapan bulan ke depan, ” ujarnya.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna mengatakan, flyover yang dibangun sepanjang 340 meter dari daerah Kota Baru Parahyangan mematok di dekat Gerbang Pungutan Padalarang sudah sangat mendesak mengingat padatnya lalu lin terutama pada pagi & sore.

“Flyover di Simpang Padalarang dan Kota Anyar Parahyangan ini untuk menekan kemacetan di Padalarang sebab sudah sangat mendesak, hampir setiap hari macet, ” ucapnya.

Pembangunan flyover menelan anggaran sebesar Rp110 miliar yang bersumber dari Corporate Social Responsibility (CSR). Aa Umbara meminta masyarakat bersabar atas dampak kemacetan yang bakal terjadi. “Pasti tersedia dampak, tapi tentu itu sudah diantisipasi pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan, ” tuturnya.

Selain Flyover Cagak Tol Padalarang-Kota Baru Parahyangan, pihaknya pun merencanakan pendirian Bypass Lingkar Selatan dengan fungsinya untuk mengurai kemacetan kawasan Padalarang yang sudah dalam taraf mengkhawatirkan.

“Bypass Lingkar Selatan akan kita dilaksanakan setelah proyek tersebut selesai. Mudah-mudahan bisa dibangun tanpa APBD. Jadi nanti kemacetan di Padalarang bakal lebih terurai lagi, ” bebernya. (OL-15)