Dapatkan promo member baru Pengeluaran SGP 2020 – 2021.

MENTERI Turisme dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menilai persayaratan genre musik dangdut menjelma warisan dunia sudah lengkap. Hal itu dikemukan dirinya saat bertemu dengan Bon Artis Melayu Indonesia, Selasa (30/3).

“Intangible cultural heritage dari Indonesia yang telah ditetapkan  UNESCO  itu mulai tahun 2008 itu keris, wayang, batik, angklung, Tari Saman, noken Papua, terlak silat, pantun. Ini kelihatanya dangdut sudah mencapai seluruh syaratnya (warisan dunia), ” kata Sandiaga dalam unggahan di media sosialnya, Selasa (30/3).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menjabarkan, syarat yang dianggap dipenuhi dangdut sebagai warisan negeri ialah karena merupakan individualitas budaya dari satu ataupun lebih komunitas budaya.

Kondisi berikutnya, yakni pengusulan menjelma warisan dunia harus dikerjakan komunitas dan ketiga memiliki satu maestro yang masih aktif. Sandiaga pun mempertunjukkan keberadaan pedangdut ternama Raden Haji Oma Irama ataupun dikenal Rhoma Irama.

Baca juga:   Mustika Ratu Dukung Pertemuan Ilmiah Tahunan PDHMI

“Syarat berikutnya sudah diwariskan bertambah dari satu generasi atau minimal berusia 50 tahun, ” kata Menparekraf.  

Hadir dalam pertemuan tersebut, Raja Dangdut Rhoma Kecepatan menegaskan, musik dangdut adalah identitas Indonesia. Menurutnya, orkes melayu banyak terinspirasi dibanding musik India.  

Morat-marit, dia mengaku merevolusi orkes tersebut menjadi genre yang banyak digemari dan menjadi hiburan bagi masyarakat dalam Tanah Air.  

“Saya melalukan revolusi, saya bisa bertanggung jawab, siap menganjurkan argumen bahwa dangdut is Indonesia. Saya merasa persis, saya merevolusi orkes melayu menjadi dangdut menjadi ragam yang baru, ” terang Rhoma. (OL-7)