Info seputar SGP Hari Ini 2020 – 2021.

WALAU berseteru di bidang kebijakan, Korea Selatan dan Korea Utara melakukan kerja sama di dunia olahraga. Hal tersebut terlihat dari pengajuan diri ibu kota kedua negara, Seoul dan Pyongyang sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

Menurut kantor berita Yonhap, Pemerintah Kota Seoul, Kamis (1/4) secara resmi memberi tahu Komite Olimpiade Internasional (IOC) tentang rencana menjadi tuan rumah bersama-sama Olimpiade 2032 dengan Pyongyang.

IOC mengatakan pada Februari bahwa Brisbane, Australia adalah kandidat tuan rumah Olimpiade 2032. IOC menambahkan bakal memasuki dialog yang ditargetkan dengan penyelenggara lelang Australia.

Pemerintah Kota Seoul mendesak IOC untuk mempertimbangkan kembali tawaran dua ibukota Korea ini untuk menjadi majikan rumah bersama Olimpiade 2032. Kesepakatkan Seoul dan Pyongyang untuk menjadi tuan sendi Olimpiade didapat pada pertemuan puncak antara Presiden Korea Selatan Moon Jae-in & pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada September 2018.

Yonhap melaporkan, Seoul menekankan potensi pembangunan perbaikan dari tuan rumah berhubungan, serta kombinasi teknologi mutakhir dan budaya Korea.

Korea Selatan terakhir kali menjadi tuan rumah Olimpiade dalam 2018. Saat itu, olahragawan Korsel dan Korut berbaris di bawah bendera persatuan. Korea Utara sendiri tak pernah menjadi tuan panti Olimpiade. (AFP/OL-15)