Jackpot hari ini Result Sidney 2020 – 2021.

DIREKTORAT Lalu Lin (Ditlantas) Polda Metro Hebat mulai melarang kendaraan bermotor dengan knalpot bising berjalan di Jalan Sudirman serta Thamrin, Jakarta per suangi ini, Rabu 10 Maret 2021. Sepeda motor dengan knalpot bising yang terlihat melintas akan ditilang.

“Akan dimulai malam ini, ” kata Direktur Lalu Lin Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (10/3).

Pembatasan knalpot bising guna perluasan kawasan bebas polusi udara dari aksi konvoi serta kebut-kebutan. Pelarangan dimulai malam ini karena besok Kamis, 11 Maret 2021 libur panjang.

“Besok malam libur, kita melaksanakan pengamanan suangi libur dan melaksanakan filterisasi di kawasan Monas serta Sudirman-Thamrin dari polusi suara akibat knalpot bising dan perilaku pengendara yang berisiko, ” ujar Sambodo.

Sambodo meyakini akan ada pengendara dengan knalpot bising arak-arakan dan kebut-kebutan melintas pada jalan tersebut. Polisi tiba mengantisipasi kegiatan itu suangi ini.

“Jadi, ini segenap demi kemanusiaan kita mengelola anak bangsa dan kenyamanan masyarakat, baik pemakai pekerjaan maupun yang berada di sekitar jalan tersebut, ” ungkap Sambodo.

Pelarangan tersebut sebelumnya telah diterapkan di kawasan sekitaran ring satu atau di lingkungan Istana Kepresidenan, tepatnya kawasan Monas, Jakarta Pusat. Kemudian, daerah pelarangan motor knalpot bising diperluas menjadi Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta Pusat.

“Yang tadinya hanya kawasan Monas, menjadi kawasan Sudirman-Thamrin serta Monas, ” ujar Sambodo.

Polisi melakukan razia suangi ini. Setidaknya ada 25 titik bakal dijaga penjaga dari kebijakan filterisasi instrumen dengan knalpot bising tersebut.

Baca juga: Kapolri Minta Korlantas Terus Berinovasi

Ke-25 titik itu, yakni Traffic Light (TL) Harmoni, TL Veteran III, Tugu Adipura, depan Pertamina A9, TL Museum, TL Budi Kehormatan, Bundaran Patung Kuda Arjuna Wiwaha, depan Dubes Amerika Serikat, jembatan serong, TL Kebon Sirih, TL Sarinah, Bundaran Hotel Indonesia, kecil Hotel Mandarin.

Kemudian, BNI 46, kolong Karet, anak Semanggi arah B12 (samping Polda Metro Jaya), terangkat layang Ahok arah Timah Jenderal Sudirman, turunan mengambang Semanggi arah B5, anak Semanggi arah B5 (samping GKBI arah Benhil), mengambang Ahok arah B12, turunan layang Semanggi arah Timah Jenderal Sudirman B5), Asia Afrika, Bundaran Senayan, TL CSW, dan Pati-Pati.

Kaidah kebisingan knalpot diatur di dalam Peraturan Menteri Lingkungan Tumbuh Nomor 7 tahun 2009. Aturan itu menjelaskan kalau tingkatan kebisingan untuk motor kapasitas 80cc hingga 175cc adalah maksimal 83 dB (decibel/satuan keras suara) & di atas 175cc maksimal 80 dB.

Sementara tersebut, untuk penindakan pengendara yang menggunakan knalpot racing diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lulus Lintas dan Angkutan Ustaz (LLAJ). Pelanggar dapat dipakai pidana kurungan paling periode satu bulan atau denda paling banyak Rp250 ribu. (OL-2)