YAYASAN Kanker Tetek Indonesia (YKPI) mendapatkan penghargaan Instasi atau Lembaga yang telah melahirkan GERMAS Kategori Pencegahan  dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular di Nusantara. Penghargaan diberikan dalam upacara puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2020 yang dilakukan secara virtual,   Kamis (12/11).

“Saya bersyukur dan tidak menduga mendapatkan penghargaan ini. Kejayaan dan penghargaan ini bukan cuma untuk kami, YKPI, pengurus dan pilarnya tapi juga untuk segenap pejuang kanker payudara di Nusantara, “, ” kata Ketua Umum YKPI Linda Agum Gumelar.

Linda mengucapkan, penghargaan ini akan semakin menggenjot semangat YKPI untuk melakukan sosialisasi deteksi dini kanker payudara pada Indonesia, dalam rangka menekan angka kejadian kanker payudara stadium sendat.

“Pemerintah itu tidak mungkin bekerja sendiri. Memang dalam membangun negara itu harus ada tiga pilar, negeri, masyarakat, dan swasta. Disinilah YKPI selalu berdiri berperan sebagai periode dari masyarakat  untuk menekan perihal angka kanker payudara stadium sendat, ” terang Linda.

Penganugerahan penghargaan buat YKPI dari Kemenkes, lanjut Linda, juga tidak lepas dari komitmen yayasan nirlaba ini dalam mengaplikasikan 3M di tengah masyarakat penyintas kanker payudara.   Menurut Linda, 3M (mencuci tangan dengan bubuk, memakai masker, dan menjaga jarak) merupakan upaya untuk memutus lengah rantai penyebaran Covid-19.

“YKPI selalu berkampanye untuk gerakan 3M itu. Itu kami lakukan sepanjang waktu, dan selalu kami gaungkan setiap acara-acara kami, ” tukasnya.

Menteri Kesehatan Terawan dalam sambutannya menyampaikan, Hari Kesehatan Nasional 2020 merupakan momentum untuk mewujudkan Indonesia semakin sehat, secara cara menjaga diri sendiri, keluarga, dan masyarakat.

“Selamatkan bangsa dari pandemi Covid-19, dengan cara menjaga jarak, memakai masker, dan rajin membersihkan tangan dengan sabun. Mari kita bersama-sama meningkatkan derajat kesehatan asosiasi yang lebih baik bagi keluarga dan negara, ” ujar Menkes. (RO/R-1)